Beranda » Pj Bupati Lamandau Serahkan Bantuan Alsintan Kementan 2023 Kepada Kelompok Tani

Pj Bupati Lamandau Serahkan Bantuan Alsintan Kementan 2023 Kepada Kelompok Tani

by Admin Kominfo

Nanga Bulik –  Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani menghadiri penyerahan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia atas aspirasi Bambang Purwanto Anggota Komisi IV DPR RI, Rabu (11/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Perikanan Lamandau ini, dimaksudkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan nilai tambah dan daya saing usaha pertanian, serta meningkat dan penyediaan bahan baku industri pengolahan hasil pertanian yang menjadi misi utama pembangunan pertanian, oleh karena itu pengembangan Penggunaan  Alsintan merupakan salah satu kebijakan dan program strategis pembangunan pertanian.

Alsintan yang diserahkan berupa Hand Traktor roda dua type rotary 12 unit, Hand Traktor roda dua type singkal 1 unit, Traktor roda empat satu unit dan satu unit pompa air untuk kelompok tani usaha bersama Desa Batu Ampar Kecamatan Menthobi Raya.

Dua Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Lamandau tahun 2023 juga mendapatkan bantuan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), yang saat ini masih diproses oleh Kementerian RI yaitu Poktan Sumber Usaha Desa Bukit Indah Kecamatan Bulik, dan Poktan Lembu Suro Desa Mukti Manunggal Kecamatan Menthobi Raya.

“Kepada Poktan penerima bantuan, diharapkan dapat bermanfaat untuk mempermudah dalam penyiapan lahan pertanian dan meningkatkan luas tanam yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Lamandau”, kata Pj Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati menyampaikan bahwa Poktan wajib memanfaatkan, merawat, dan mengelola dengan baik alat mesin pertanian tersebut untuk kepentingan seluruh anggota Poktan.

“Untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan dan mencegah terjadinya penyimpangan Alsintan di lapangan, Distakan Kabupaten Lamandau agar dapat meningkatkan kegiatan pembinaan, dan pengawasan dalam pemanfaatannya”, tambahnya.

“Sehingga diharapkan mampu memberikan dampak positif mendongkrak pertumbuhan dan perekonomian serta kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Lamandau”, lanjutnya. Di tempat yang sama, Bambang Purwanto juga turut hadir dan mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat, dirinya berharap dengan diserahkannya Alsintan ini produktifitas hasil pertanian semakin meningkat dan menjadikan petani petani di Kalimantan Tengah menjadi petani yang lebih modern. (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment