Beranda » Kecamatan Lamandau Adakan Kirab Budaya Sedekah Bumi dan Bersih Desa

Kecamatan Lamandau Adakan Kirab Budaya Sedekah Bumi dan Bersih Desa

by Admin Kominfo

Nanga Bulik –  Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani hadir dalam Karnaval/Kirab Budaya Desa dalam rangka sedekah bumi dan bersih desa, di desa Samu Jaya Kecamatan Lamandau, Minggu (10/12).

Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dengan bertujuan membersihkan desa dari segala hal yang kurang berkenan dengan memohon perlindungan kepada Pencipta alam. 

Tradisi bersih desa dilaksanakan sebagai acara adat yang memiliki makna spiritual di baliknya, serta mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang didapat. 

Dalam sambutannya Pj Bupati menyampaikan bahwa acara ini adalah pelestarian tradisi dan budaya, “Tradisi adat ini harus dimanfaatkan dan dilestarikan begitu juga dengan acara bersih desa dan adat sedekah bumi bagi masyarakat atas ungkapan syukur dari hasil bumi/panen yang melimpah”, kata Pj Bupati Lamandau.

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa kegiatan yang yang dilakukan hari ini adalah semata mata bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas keberkahan yang di berikan.

Lebih lanjut, Pj Bupati berpesan kepada masyarakat Kabupaten Lamandau untuk selalu bergandengan tangan bersama bersatu agar terciptanya tatanan masyarakat yang aman damai dan tentram. Berbagai kegiatan juga dilaksanakan pada Karnaval/Kirab Budaya Desa tersebut, mulai dari kirab gunungan/tumpeng dan sedekah bumi, doa bersama serta pentas kesenian. (Diskominfostandi)  

Related Articles

Leave a Comment