Beranda » Pj Bupati Lamandau Hadiri Rakor Evaluasi Penanganan Darurat Karhutla di Kalteng

Pj Bupati Lamandau Hadiri Rakor Evaluasi Penanganan Darurat Karhutla di Kalteng

by Admin Kominfo

Palangka Raya – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (16/10).

Rakor dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Nuryakin dan dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kalteng, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, dan seluruh Bupati/ Pj Bupati / Pj Walikota Se Kalteng.

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Nuryakin menyampaikan bahwa Upaya penanggulangan karhutla selama masa tanggap darurat telah menunjukkan hasil dengan perbaikan indikator utama yaitu kualitas udara awalnya di Kota Palangka Raya, Sampit dan Buntok pada level BERBAHAYA, pada tanggal 14-15 Oktober 2023 mengalami perbaikan menjadi level TIDAK SEHAT-SANGAT TIDAK SEHAT.

“Jarak Pandang semula terendah di Buntok 700 meter, bahkan pada pagi hari lebih rendah, saat ini mengalami perbaikan menjadi lebih satu Km, dan cuaca semula dilaporkan berasap, sedangkan saat ini mengalami perbaikan meskipun sebagian masih berasap tipis” tambahnya.

Meskipun demikian, Gubernur menginstruksikan semua pihak tetap harus melanjutkan upaya penanganan yang telah dilaksanakan karena bahaya karhutla belum berakhir. Hal ini setidaknya ditandai dengan dua indikator yaitu berdasarkan hasil patroli udara dan penanganan tim darat, masih terdapat kebakaran yang relatif luas dan aktif yang belum tuntas dipadamkan. “Upaya penanganan tetap dilanjutkan sampai memasuki musim hujan supaya kita bersama dapat mewujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap; Kualitas udara mencapai level SEHAT; dan jarak pandang mencapai level HIJAU lebih dari 10 Km”, tegasnya. (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment