Beranda » Gali Potensi Durian Lokal Terbaik, Pj Bupati Lamandau Buka Kontes Durian Lokal 2024

Gali Potensi Durian Lokal Terbaik, Pj Bupati Lamandau Buka Kontes Durian Lokal 2024

by Admin Kominfo

Nanga Bulik – Pemkab Lamandau gelar Kontes Durian Lokal tahun 2024 di GPU Lantang Torang, Rabu (31/1).

Kontes durian ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menggali potensi buah durian unggulan lokal terbaik yang memiliki ciri khas Kabupaten Lamandau sehingga kedepannya masuk menjadi durian unggulan nasional.

Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani berharap, dapat ditemukannya varietas unggul Kabupaten Lamandau yang dapat didaftarkan ke Kementrian Pertanian.

“Kontes durian ini juga menjadi ajang pengembangan inovasi agar buah durian tidak hanya menjadi buah musiman namun bisa dipanen sepanjang tahun”, lanjut Pj Bupati.

Kontes durian ini diikuti oleh sebanyak 37 peserta, dan juara 1 dimenangkan oleh peserta dengan nomor urut 15, dari desa Nanga Belantikan Kecamatan Belantikan Raya.

Menurut Tim Juri yang diketuai oleh Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Dinas TPH Provinsi Kalimantan Barat, Anton Kamarudin, pemilihan pemenang secara umum dinilai dari beberapa aspek, diantaranya dari rasa unik yang tertinggal di indra perasa penikmatnya, teksture daging duriannya, bentuk buah, dan aromanya. Nantinya durian pemenang ini akan dilakukan observasi oleh tenaga ahli, dan didaftarkan untuk selanjutnya menjadi durian unggulan Kabupaten Lamandau. (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment