Beranda » Pj Bupati Lamandau Panen Padi di Lahan Dispar

Pj Bupati Lamandau Panen Padi di Lahan Dispar

by Admin Kominfo

Nanga Bulik – Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani didampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) bersama staff dan Saka Pariwisata, panen padi di halaman Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, jumat (19/1).

Tanaman padi berjenis padi “Tampui” ini ditanam pada lahan kosong seluas 2 hektar  di area Dispar, yang ditanam secara mandiri oleh Staff Dispar dan pelajar yang tergabung dalam Saka Pariwisata, dan jenis padi ini dapat dipanen dalam jangka waktu tiga bulan.

Ini menjadi kali pertama Pj Bupati untuk memanen/mengatam padi atau dalam bahasa dayak yaitu “mahanyi rondang tuha”, yang artinya memanen jenis padi tua dan harum.

Sebelum menjadi beras untuk dikonsumsi, usai memanen/mengatam padi, dilanjutkan dengan cara tradisional melurut padi yaitu melepaskan bulir padi dari tangkainya dengan sebilah bambu, setelah itu padi di “rondang” atau sangrai untuk selanjutnya ditumbuk sehingga kulit padi terlepas, setelahnya di “tampi” agar beras bersih dari sisa kulit arinya.

“Ini menjadi ladang percontohan bagi masyarakat secara mandiri, dan dalam mendukung program pemerintah mengatasi stunting”, kata Pj Bupati. Ditambahkan juga bahwa acara mahanyi /memanden padi saat ini untuk memberikan inspisrasi dan motivasi kepada masyarakat Lamandau.

Semoga kedepannya acara mahanyi ini akan dijadikan event Festival di kecamatan yang masih menerapkan berladang secara tradisional dengan mengangkat kearifan lokal dayak Tomun Kabupaten Lamandau (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment