Beranda » Resmikan TPS3R, Pj Bupati Berharap Dapat Dijadikan Sumber Perekonomian Desa

Resmikan TPS3R, Pj Bupati Berharap Dapat Dijadikan Sumber Perekonomian Desa

by Admin Kominfo

Nanga Bulik – Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani meresmikan TPS3R Begawe Bersama Kelurahan Nanga Bulik, TPS3R Mulia Jaya Bersinar Desa Mekar Mulya, dan TPS3R Pelita Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya, di TPS3R Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya, Sabtu (9/3).

TPS3R adalah singkatan dari Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle yang merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya khususnya dikawasan wisata.

Pj Bupati Lamandau mengatakan secara garis besar pembangunan TPS3R ini adalah untuk mengelola sampah Rumah Tangga secara efektif dengan mengimplementasikan prinsip  3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (memanfaatkan kembali), Recycle (mendaur ulang), berbasis masyarakat.

“Besar harapan kita keberadaan TPS3R ini dapat menjadi salah satu sumber ekonomi desa, karena pengolahan sampah yang baik akan menghasilkan pendapatan yang menjanjikan”, kata Pj Bupati. Seperti diketahui, dengan menerapkan inovasi teknologi pengolahan sampah yang baik maka akan menciptakan sejumlah produk diantaranya pupuk organik, budidaya Maggot, pengolahan sampah plastik menjadi biji plastik dan semacamnya, serta produksi lain yang bernilai ekonomi dan dapat di jual kembali. (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment