Beranda » Pj Bupati Lamandau Kunjungi Pengrajin Kain Tenun Tanilo Sega di Desa Bukit Indah

Pj Bupati Lamandau Kunjungi Pengrajin Kain Tenun Tanilo Sega di Desa Bukit Indah

by Admin Kominfo

Bukit Indah – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani mengunjungi Pengrajin Kain Tenun Tanilo Sega yang bertempat di Desa Bukit Indah, Kecamatan Bulik, Minggu malam (28/4/2024).

Pengrajin Kain Tenun Tanilo Sega merupakan salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah dibina oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Koperasi, Usaha

Kecil dan Menengah,

Perdagangan dan Perindustrian.

Dalam proses produksinya, pengrajin ini masih menggunakan alat tenun tradisional. Kain tenun dengan panjang 6 meter memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk pengerjaannya.

“Kain tenun Tanilo Sega ini bagus, lembut dan termasuk salah satu yang paling bagus di Kalteng”, kata Pj Bupati Lamandau.

Pj Bupati berharap kedepan produksi tenun tersebut bisa dibuatkan motif yang lebih menarik lagi, khususnya motif khas Lamandau sehingga bisa menarik pembeli.

Saat ini, Tenun Ikat Tanilo Sega Kabupaten Lamandau sudah ada 13 motif. Salah satunya motif pinang sekayu yang sudah memperoleh HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).  Perlu diketahui, pengrajin kain tenun Tanilo Sega akan ikut berpartisipasi dalam HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 44 Tahun 2024 di Surakarta pada 14-15 Mei 2024 mendatang. (Diskominfostandi)

Related Articles

Leave a Comment